Senin, 31 Januari 2011

Bahan Ajar : Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan

Pelajaran Kejuruan
Program Keahlian Pemasaran
ditulis Oleh :Drs. Pondang Manurung
Guru SMK Negeri 6 Medan
Kompetensi Dasar 
Peningkatan Pelayanan Penjualan
Topik Pelajaran : Penjualan Pribadi

A. Manfaat Personal Selling

Kegiatan penjualan pribadi ( personal selling ) merupakan penjualan produk kepada calon pelanggan perorangan atau beberapa orang untuk tujuan agar terjadi transaksi jual dan beli. Penjualan pribadi umumnya lebih kuat menjalin hubungan antara penjual dengan pelanggan, karena penjualan dan pelanggan dapat berhadapan langsung. Penjualan pribadi termasuk salah satu metode atau bentuk promosi penjualan yang melibatkan banyak tenaga penjual dengan melakukan komunikasi langsung terhadap pelanggan.

Penjualan pribadi ( personal selling ) merupakan bentuk promosi penjualan yang sangat efektif untuk meningkatkan jumlah penjualan dengan cara menawarkan produk yang langsung ditujukan kepada pelanggan atau konsumen. Penjualan pribadi (personal selling) sangat berbeda dengan bentuk promosi periklanan. Penjualan pribadi ( personal selling ) langsung berhadapan muka dan terjadi dialog dengan sejumlah calon pelanggan, sedang bentuk periklanan tidak berhadapan langsung dengan calon pelanggan tetapi lebih bersifat mempengaruhi secara massal kepada calon pelanggan.

Menurut William G. Nickels dalam Marketing Principles merumuskan pengertian Penjualan pribadi ( personal selling ) adalah interaksi antar individu saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, mengua-sai atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan de-ngan pihak lain. Mengapa Penjualan pribadi ( personal selling ) lebih efektif dari bentuk promosi penjualan lainnya ? hal ini dilihat dari hubungan komuni-kasi yang dilakukan petugas penjual dapat mengetahui : motif, keinginan dan pe-rilaku calon pelanggan atau konsumen sehingga petugas penjual dapat me-nyesuaikan diri secara langsung dengan memperhatikan reaksi calon pelanggan.

Ciri-ciri Penjualan pribadi ( personal selling ) dikenali seperti berikut :
b) Identitas si penjual sebagai sponsor jelas.
c) Sasaran pelayanan terbatas.
d) Pelaksanaan memerlukan biaya relatif mahal.
e) Mempunyai kebebasan dalam pelayanan
f) Terdapat hubungan komunikatif antara penjual dan pelanggan.
g) Informasi dari pelanggan dapat seketika diketahui.
h) Petugas penjual lebih agresif atau kompeten.

Banyak hal yang diperoleh pelaku usaha dengan promosi penjualan pribadi ( personal selling ),
seperti terbantunya pihak manajemen dalam mengenal sikap dan perilaku pelanggan, terbantunya pihak manajemen ..........dst        

topik pelajaran ini mengisi materi tentang :

B. Tugas Tenaga Penjual

C. Metode Penjualan

D. Langkah-Langkah Penjualan


materi lengkap ada pada mmaspon@yahoo.co.id
donasi Rp 25,000,00 081 2 645 9374

bahan pelajaran ini hanya ditujukan
kepada peserta didik smk bisnis dan manajemen
program keahlian pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar